Proses Assessment RPL Dosen Industri
• Procedures:
– Self assessment: Mengisi form Asessment Mandiri
– Verification: Interview atau methods lain
– Decision : Berita Acara
• Things to be assessed
– Pedagogical Aspect
– Expertise/Kompetensi Teknis

Hal yang terkait Pedagogical Assessment
• Plan the learning process
• Implement the learning process
• Evaluation of the learning process

Plan the Learning Process Items
– Memahami capaian pembelajaran yang akan disampaikan kepada
mahasiswa sebagai bagian dari capaian pembelajaran program studi
– Memahami teori penulisan capaian pembelajaran berdasarkan teori
taxonomy Bloom atau lainnya;
– Memahami materi mata kuliah/bahan kajian yang akan disampaikan
kepada mahasiswa untuk menunjang capaian pembelajaran program
studi;
– Mampu membuat rencana perkuliahan dalam bentuk Rencana
Pembelajaran Semester
(RPS) atau sejenisnya;

Implement the Learning Process
– Memahami jenis-jenis metode pembelajaran sesuai dengan materi
yang akan disampaikan;
– Melaksanakan proses pembelajaran sesuai rencana yang telah
ditentukan;
– Membimbing praktek/praktikum sesuai dengan jadwal yang telah
ditentukan;
– Menjadi penguji Tugas Akhir/penelitian/magang, atau sejenisnya;
– Menjadi pengajar pada institusi/industri;

Evaluation of the Learning Process
– Menguasai prinsip-prinsip penilaian pembelajaran dan bukti yang
diperlukan untuk mengakses suatu capaian pembelajaran;
– Merencanakan penilaian pembelajaran untuk capaian pembelajaran
aspek pemahaman keilmuan;
– Membuat dan melaksanakan penilaian pemahaman, keterampilan
atau sikap;
– Membuat dan melaksanakan penilaian pembelajaran praktik di
laboratorium/bengkel/industri;
– Melakukan evaluasi proses pembelajaran;

Expertise Assessment
• KKNI level 8 or Learning Outcome of existing Magister program in the relevant field or build our own assessment instrument
• KKNI level 8:
– Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam
bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, sehingga
menghasilkan karya inovatif dan teruji
– Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi,
dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau
multidisipliner
– Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi
masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional
dan internasional.

– Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, sehingga
menghasilkan karya inovatif dan teruji
– Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau
multidisipliner
– Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi
masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional